Tingkatkan Jaringan Informasi di Desa, Koslata Latih Opdes dan Kaukus Perempuan

 

Jaringan komunikasi dan informasi desa dipandang sangat perlu melibatkan masyarakat. Ruang pelibatan masyarakat ini penting disediakan untuk membangun rasa kepemilikan masyarakat yang semakin kuat terhadap pembangunan desa. Salahsatunya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan jaringan komunikasi dan informasi desa adalah pengembangan jurnalisme warga.

Jurnalisme warga (citizen journalism) dalam tahun-tahun terakhir ini berkembang sebagai salah satu konsep pelibatan warga dalam berbagi informasi. Warga secara mandiri, baik secara personal maupun kelompok, melakukan kerja-kerja jurnalistik, dari mengumpulkan bahan-bahan berita, mengolah dan mempublikasikannya kepada khalayak.

Praktek ini dipandang perlu oleh Lembaga Koslata untuk melaksanakan pelatihan Penguatan kapasitas pengelolaan jaringan komunikasi dan informasi desa. Atas dukungan Oxfam pada Sabtu, 14 Maret 2020 pelatihan dilaksanakan.

Dihadiri oleh dua puluh delapan orang peserta yang terdiri dari Kelas untuk Operator Desa dan Kelas Jurnalisme Warga untuk divisi TIK  Kaukus Perempuan yang tersebar di Empat Belas desa, kecamatan Batu Layar dan Gunung Sari.

 

Menurut Hani, Fasilitator kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas operator desa dan kaukus perempuan dalam pengelolaan jaringan informasi dan komunikasi desa untuk penguatan transparansi dan partisipasi masyarakat.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain: 1. Rekomendasi mekanisme pengelolaan jaringan informasi dan komunikasi desa; 2. Meningkatnya kapasitas operator desa dalam menyediakan informasi dan mendistribusikan informasi kepada masyarakat desa; dan 3. Meningkatnya kapasitas Kaukus perempuan dalam menjalankan praktik jurnalisme warga untuk mendukung jaringan informasi dan komunikasi desa.

 

 

Setelah sesi  brainstorming oleh Rujito yang akrab disapa pak de Totok. Peserta dibagi menjadi  dua kelas di ruangan berbeda. Kelas Jurnalisme warga difasilitatori oleh Maya Rahmayati, ia seorang blogger dan penulis buku “pawon”. Tulisan-tulisanya sudah banyak dimuat di media cetak pun online.

Kelas visualisasi data, difasilitatori oleh Ulwan. Seorang desain grafis muda di Duta Damai BNPT, dan desain grafis disalah satu company.

 

Selama proses pelatihan, peserta sangat antusias dan berterima kasih atas ilmu yang mereka dapatkan. Selesai kegiatan mereka bersepakat akan terus menulis dan membuat infografis.

Koslata

Perkumpulan yang bervisi untuk mewujudkan perubahan sosial yang demokratis dan berkeadilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *